service@naturalnusantara.co.id (0274) 6499191

Strategi Memenangkan Proyek dengan Produk NASA

Penulis SADIKIN SP (CDD)

Keunggulan Produk NASA sudah terbukti sejak lama, disamping keunggulan dalam segi manfaat pemakaian, Produk NASA
juga mempunyai keunggulan dari segi bisnis yang terbukti telah banyak mengantarkan para Distributor mencapai kehidupan yang lebih baik.

Salah satu strategi untuk membangun bisnis NASA adalah mengikuti proyek pengadaan barang, baik di institusi pemerintah maupun perusahaan swasta. Meskipun kegiatan proyek memang saat ini masih didominasi oleh bidang Agrokomplek, namun tidak menutup kemungkinan suatu saat akan terbuka dalam bidang kesehatan.

Salah satu leader NASA yang sering memenangkan tender pengadaan adalah Bapak Sadikin (CDD), hingga saat ini Bapak Sadikin sudah banyak memenangkan tender khususnya untuk produk Agrokomplek di Aceh, Kaltim, Kalsel, Jatim, DIY dan Sulteng. Berikut tips dari Bapak Sadikin, bagaimana caranya sukses menembus proyek dengan produk NASA seperti yang disampaikan saat Pelatihan Tematik Strategi Menembus Proyek dengan Produk NASA pada hari Sabtu 30 Mei 2015 di Kantor NASA.

Setiap tahun setiap instansi pasti memiliki program pengadaan barang, baik itu berupa proyek dengan APBN maupun APBD. Oleh karena itu, strategi yang harus dijalankan oleh Distributor NASA jika ingin memenangkan proyek adalah :

1. Mempunyai kolega atau anggota keluarga yang bekerja pada institusi tertentu. (Kebanyakan di Dinas Pertanian dan Peternakan, Dinas Perikanan dan Kelautan serta Dinas Perkebunan dan Kehutanan). Dari sini kita akan mendapatkan informasi lebih dulu jika di instansi tersebut akan diadakan tender proyek sehingga kita bisa bergerak lebih dulu.

2. Aktif melakukan komunikasi dengan institusi terkait, baik secara kedinasan maupun personal. Paling tidak ada 4 (empat) pihak yang harus kita kenal dengan baik, yaitu PPL, Pimpro, Kepala Bidang dan Kepala Dinas. Pada saat presentasi jangan lupa membawa brosur dan kartu nama untuk kontak person dari penawaran yang kita ajukan.

3. Aktif meminta informasi tentang program kerja instansi tersebut khususnya dalam program pengadaan barang sesuai program kerjanya. Dari situ kita lihat apakah ada produk NASA yang bisa masuk atau tidak. Apabila sudah ada produk NASA yang bisa masuk, kita tinggal menindaklanjutinya. Apabila belum ada, maka kita bisa mengkomunikasikan dengan pihak pihak tersebut tentang bukti bukti keunggulan produk NASA hingga spesifikasi produk NASA bisa jadi solusi.

4. Untuk bisa mengikuti tender, maka kita harus memiliki atau mengenal calon rekanan yang akan membawa produk NASA. Rekanan tersebut sebaiknya tidak hanya satu, usahakan dari wilayah setempat dan mempunyai bidang bisnis yang sama dengan proyek yang diikuti.

5. Harga yang kita tawarkan sebaiknya adalah harga konsumen (HK) karena masih ada kemungkinan terjadi negosiasi harga. Struktur harga produk NASA menjadi keunggulan dari segi bisnis karena bisa fleksibel untuk berkompetisi dalam proyek, termasuk nilai BV pun bisa didistribusikan dengan sasaran yang tepat, sistem untuk support promosi dan reward kepada mitra mitra yang terlibat. Semua itu perlu memperhatikan sistem dan mekanisme bisnis yang ada di NASA.

6. Sebelum mengikuti kegiatan tender proyek, kita wajib menguasai product knowledge, kemampuan komunikasi yang baik, serta kemampuan menghitung nilai bisnis yang cepat dan benar. Satu hal yang harus ditekankan, kita haruslah selalu mengedepankan kejujuran dan obyektifitas agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan. Hal ini bisa memberikan penilaian positif bagi kita sehingga akan terus dipercaya dan diikutkan dalam proyek proyek berikutnya.