MEMBANGUN JARINGAN BERBASIS KEKELUARGAAN

Penulis Agus Suratno (EM)

Keluarga bisa diibaratkan rumah, satu tempat yang nyaman untuk pulang. Tempat yang kemudian bisa memberikan dorongan untuk
terus berkembang. Ini karena dalam keluarga ada keakraban, ada keterbukaan dan komitmen yang berujung pada saling percaya satu sama lain.
Banjarnegara bisa seperti sekarang dikarenakan jaringan yang dibangun berbasis kekeluargaan. Kekraban menjadi elemen penting yang meningkatkan angka penjualan. Penjelasannnya begini, keakraban membuat komunikasi berlangsung cair dan menyenangkan. Informasi juga semakin cepat dialirkan. Semakin cepat mengalirkan informasi ke downline, maka semakin cepat juga downline akan berkembang.
Semangat Kekeluargaan Dari "KDI Kopi"
Langkah nyata yang sudah dilaksanakan di jaringan Banjarnegara adalah digelarnya "KDI Kopi". Agenda ini adalah istilah untuk menyebut acara kumpul anggota NASA untuk saling bercengkerama dan berbagi. Acara ini digelar bergilir di rumah anggota, kadang juga diadakan di tempat-tempat nongkrong yang nyaman untuk ngobrol. Dari sini lah sebetulnya kemudian lahir semangat bersama untuk terus meningkatkan prestasi di NASA. Dan hebatnya, nuansa persaingan juga dikikis, yang ada adalah semangat untuk maju bersama.
Semangat untuk maju bersama ini semakin menguat dengan adanya impian bersama. Salah satu yang sudah terwujud adalah impian membangun stockist centre. Ke depan, impian bersama jaringan di Klampok adalah membangun kantor duplikat NASA, walau tentunya tidak sebesar yang di Jogja.
Keterbukaan Dalam Jaringan
Jaringan di Banjarnegara tidak mempedulikan adanya crossline. Ketika memang sama-sama masih berada di NASA mengapa juga harus dibeda-bedakan. Alhasil informasi-informasi berharga yang sekiranya mampu mendongkrak penjualan terus mengalir dalam seluruh anggota. Selain itu dengan adanya keterbukaan dalam jaringan, solusi bisa diupayakan bersama yang pada akhirnya menjadi ilmu baru untuk kemanfaatan bersama.
Di samping itu, para Leader di Banjarnegara juga sangat mendorong peran anak-anak muda. Anak muda selalu penuh dengan ide-ide segar yang perlu dikembangkan. Mereka biasanya tidak menelan mentah informasi. Mereka biasanya akan memodifikasi dengan cara mereka sendiri dan hasilnya justru lebih efektif. Misalnya tentang penggunaan facebook untuk online marketing, pemuda-pemuda Banjarnegara mampu mengakalinya dengan baik.
Dengan cara-cara ini hasilnya adalah Banjarnegara yang awalnya tidak sampai 50.000 poin kini sudah menembus setengah juta poin. Tentu ini tidak main- main nilainya. Dan ini terwujud dengan eratnya kekeluargaan di dalam jaringan.
Semangat Pagi...! Never Give Up...!