// //
Jaringan Luas, Omset Berkembang

“Prinsipnya atas kokoh bawah kokoh,” Begitulah ungkapan yang disampaikan Gunawan Budiharjo saat ditemui Nasa Magazine. “Perusahaan itu sinergi dengan distributor,” tambahnya.

Direktur operasional PT NASA ini memaparkan untuk menjaga omset bisnis stabil dan meningkat, PT NASA membuat strategi dalam pemasaran, terutama memberi rangsangan-rangsangan kepada konsumen atau distributor NASA.
Program yang selama ini dipakai perusahaan adalah beli produk dapat produk sebagai salah satu bagian dari kegiatan promosi. “Khususnya ketika menjelang ramadhan biasanya kami membuat program beli produk tertentu baik pertanian maupun non pertanian, mendapatkan produk-produk makanan seperti natural beras merah, susu kedelai atau kebutuhan rumah tangga,” Tuturnya.
Selain program tersebut, program lain untuk menjaga kestabilan omset, “Kita juga mendorong kepada stockist-stockist untuk perputaran barang, perputaran produk seperti pinjaman lunak, berupa barang. Para stockist juga didorong agar menjadi stockist upgrade sehingga ketersediaan produk selalu baik,” Ungkap ayah dua anak ini.
Pria yang memiliki hobi bersepeda ini menuturkan, PT NASA akan selalu berupaya untuk meluncurkan produk-produk baru untuk mendukung penjualan para distributor. “Biasanya distributor akan bersemangat menjual ketika ada produk baru,” Kata pria yang menyukai bulutangkis ini. “Program yang diluncurkan perusahaan tidak akan berarti jika tidak didukung dengan usaha para distributor,” Tambahnya.
Lebih lanjut, Gunawan mengatakan, dari sisi jaringan yaitu selalu diajarkan pembinaan-pembinaan, acara-acara motivasi seperti RTS (Road to Success), dan lainnya agar semangat para distributor tetap terjaga, sehingga omset bagus.
Program yang dirancang perusahaan untuk menjaga kestabilan omset tidak hanya bersifat jangka pendek, namun juga jangka panjang. Salah satunya adalah memberi reward kepada jaringan yang memenuhi syarat/target, yakni dengan memberikan program wisata atau umroh. “Bila distributor mengembangkan jaringannya, maka pasti bisa mencapai target yang kita berikan,” cerita Gunawan. “Hal ini berkaitan dengan tujuan program, yakni menaikkan omset penjualan, sehingga otomatis untung distributor juga akan naik,” Tambahnya.
Program wisata tersebut telah berjalan selama 3 tahun terhitung mulai tahun 2008. “Pertama pernah kita adakan wisata ke Thailand tahun 2008,” kenang pria kelahiran Purworejo tersebut.
Pada tahun 2010 program untuk meningkatkan semangat para distributor kembali digalakkan. Program tersebut berupa pemberian seperangkat alat presentasi berupa laptop dan viewer. “Akhir 2009 dan 2010 kemarin PT NASA sudah mengeluarkan total 20 paket laptop, dan viewer/proyektor,” ungkapnya.
Sedangkan untuk tahun 2011 ini program wisata yang berjalan adalah paket wisata umroh. “Tahun 2011 ini PT NASA telah memberikan reward kepada 20 orang yang mendapatkan paket umroh,”

2012-02-13
INDEX MEDIA