// //

TIGA

Waktu yang mewadahi semua aktifitas kita selalu terbagi menjadi TIGA : waktu yang telah lewat – waktu sekarang yang sedang dijalani - waktumasa depan yang akan dijalani. Kehidupanpun secara garis besar melewati TIGA fase utama : Anak-anak – Dewasa – Orang tua, dengan TIGA lingkungan sosial : Keluarga – Tetangga (masyarakat)– lingkungan aktivitas (sekolah/kerja), dimana selama menjalani fase tersebut terkadang mengalami TIGA kondisi : Kalah – Draw –Menang, tergantung bagaimana seorang manusia memberdayakan dan memanagemen TIGA Instrumennya : Raga – Akal – Hati/nurani. Ruang untuk menjalani kehidupan TIGA makhluk hidup: Manusia – Hewan – Tumbuhan, terjadi di TIGA tempat : udara – permukaan bumi – dalam bumi, dengan TIGA kondisi utama suhu : panas – hangat – dingin, TIGA musim : basah (hujan/salju) – pancaroba – kering, serta TIGA suasana : terang – peralihan (shubuh & magrib) – gelap, meliputi TIGA unsur alam : padat– cair – gas.

Begitulah alam dan kehidupan dengan keselarasan TIGA hal /jenis /kondisi /faktornya memberi pembelajaran yang luar biasa. Maka untuk mencapai sebuah keseimbangan dan keselarasan dalam suatu system agar dapat berjalan dengan baik sering diperlukan TIGA “komponen” untuk saling menunjang satu dengan yang lain. Dalam demokrasi dikenal TIGA “komponen” utama: eksekutif – legislatif – yudikatif. Sebuah tripod untuk bisa berdiri menyangga kamera memerlukan TIGA kaki. Dalam keluargapun terbangun komunikasi TIGA belah pihak : Ayah – Ibu – Anak. Jika dalam demokrasi, tripod atau keluarga Satu “komponen”saja bermasalah maka akan mengganggu system secara keseluruhan. Maka dalam bisnis NASA yang melibatkan TIGA pihak : Perusahaan – Stockist– Distributor, harus terbangun menjadi sebuah keserasian dan kerjasama yang utuh untuk bisa menggulirkan sebuah bisnis bersama yang dapat berjalan baik.

Seperti halnya di atas jika satu saja“komponen” bermasalah tentu akan menghambat system bisnis berjalan dengan baik. Agar memiliki peluang sukses  lebih besar, seorang distributor harus mempunyai dan menguasai TIGA hal : Motivasi – Produk –System bisnis secara seimbang agar bisa memaksimalkan TIGA macam pendapatan : jangka pendek – menengah – panjang. Seperti halnya sebuah tripod akan dapat berdiri menyangga kamera jika mempunyai TIGA kaki yang sama panjang, jika hanya dua atau satu kaki akan jatuh, mempunyai TIGA kakipun jika panjangnya tidak sama akan jatuh juga. Maka perlu memiliki dan menguasai TIGA hal terkait : motivasi –produk – system bisnis agar peluang keberhasilan lebih besar dapat diraih.

TIGA pihak : Perusahaan- Stockist – Distributor, harus selalu mengedepankan TIGA hal : pelayanan – sinergy – inovasi/kreatifitas. Jangan lupa tampaknya semua pihak harus memperhatikan sungguh-sungguh TIGA hal yang menghambat percepatan bisnis selama ini menyangkut  : konflik intra dan inter jaringan – ketersediaan produk di lapangan – kuantitas dan kualitas pertemuan dan pendidikan jaringan, dimanahal ini terasa sebagai batu sumbatan yang harus dihancurkan bersamasama. Namun kiranya hambatan tersebut tidak menjadikan kita mengalami TIGA kondisi nonproduktif : negative thingking – pesimis – menyerah, karena dalam bisnis apapun tidak akan pernah bebas dari kendala. Setidaknya dengan TIGA faktor pengungkit: Visi-Misi yang benar – produkyang terbukti berkualitas – pasaryang masih terbuka luas, adalahpotensi yang layak diperjuangkan bersama, sehingga yang diperlukan hanyalah TIGA aktifitas produktif: Evaluasi – pola pikir/strategiyang harus terus berkembang & beradaptasi ¬– take action riil.

Dalam hal apapun yang bisa seorang manusia lakukan hanyalah TIGA hal : Berusaha semaksimal mungkin – Berdoa sekhusyuk dan seiklhas mungkin – Berserah diri menerima apapun sebagai hasil terbaik saat itu. Apapun yang terjadi tetaplah jangan lupa TIGA hal : Bersyukur – Selalu evaluasi – Tetap berusaha lebih baik lagi. Saat ini di edisi perdana sebagai bagian dari upaya kreatifitas maka media komunikasiinternal telah mengalami TIGA perubahan wadah : Buletin –Majalah – Tabloid. Semoga dengan perubahan menjadi Tabloid bisa memberikan TIGA penyegaran : bentuk - informasi -media promosi.

Akhirnya TIGA hal yang bisa Kami ucapkan :

- Semangat Pagi !!! - Jangan Pernah Menyerah !!!- Go Indonesia Makmur Raya Berkeadilan !!!.........

 

Penulis: Ir. Hana Indra Kusuma