TAHUN BARU DAN SI TUKANG LEDENG

Tahun baru, sebuah momentum yang sering disambut dengan beragam aktivitas pribadi, kelompok bahkan massal. Penyambutan dengan sebuah pesta kembang api disertai berbagai bentuk hiburan yang terkadang menelan biaya sangat besar, penyambutan dengan bentuk pendakian gunung, dan beragam aktivitas lainnya. Tetapi tidak sedikit orang, kelompok masyarakat bahkan perusahaan memanfaatkan momentum tahun baru dengan sebuah perenungan, evaluasi atau introspeksi, pencanangan program, target maupun semangat baru.  Berkaitan dengan aktivitas bisnis kita, sebaiknya kita pun memanfaatkan momentum tahun baru untuk melakukan evaluasi dan perencanaan kembali yang didasari semangat, “Hari esok harus lebih baik daripada hari ini, Tahun 2013 harus lebih baik daripada tahun-tahun sebelumnya.”

Untuk itu terlebih dahulu kita persiapkan software-software yang bermutu untuk diinstal dalam otak kita. Siapkan pula anti virus malas, pecundang, putus asa dan virus lainnya yang bisa membuat CPU kepala kita hang dan bisa bisa terbakar. Kita harus memulai dengan pemahaman dan penyadaran diri bahwa bisnis kita adalah bisnis pelayanan. Untuk itu,  Selalu tambahkanlah keju pelayanan terbaik walaupun itu tidak diminta. Masukkanlah hanya informasi dana nasehat bergizi untuk otak kita, jangan pernah memberinya sampah atau hal-hal yang kontra-produktif. Mungkin kita pernah mendengar atau membaca kisah inspiratif Kehebatan Pelayanan Seorang Tukang Ledeng yang akhirnya mengantarkannya pada prestasi berupa jabatan tinggi dan strategis pada sebuah perusahaan terkemuka di dunia yaitu Mercedez Benz. 

Berawal saat ada masalah dengan kran air dirumah bos Mercedez Benz, segera saja Mr. Benz menelpon seorang tukang ledeng untuk memperbaiki kran miliknya. Karena tukang ledeng masih banyak job maka baru menyanggupi dua hari kemudian. Si tukang ledeng sama sekali tidak tahu bahwa si penelpon adalah bos sebuah perusahaan mobil terbesar di Jerman. Baru SATU HARI berikutnya, Si tukang ledeng menghubungi Mr.Benz untuk menyampaikan terima kasih karena sudah bersedia menunggu satu hari lagi. Bos Mercy-pun kagum atas pelayanan dan cara berbicara pak tukang ledeng.Pada hari yang telah disepakati, Si tukang ledeng datang ke rumah Mr.Benz menepati janjinya untuk memperbaiki kran yang bocor. Setelah kran selesai diperbaiki, Si-tukang ledeng pulang setelah menerima pembayaran atas jasanya.

Sekitar DUA MINGGU kemudian, Si-tukang ledeng menghubungi Mr.Benz untuk menanyakan apakah kran yang diperbaiki sudah benar-benar beres atau masih timbul masalah. Mr. Benz berpikir pasti orang ini orang hebat walaupun cuma tukang ledeng. Dan ternyata tidak lama berselang, Mr. Benz merekrut si tukang ledeng untuk bekerja di perusahaannya. Nama Si Tukang ledeng adalah Christopher L.Jr, General Manager Customer Satisfaction and Public Relation di Mercedez Benz.Sudah sepantasnya kita meneladani SIKAP DAN CARA PELAYANAN Si Tukang Ledeng. Dengan semangat pelayanan yang tepat, tulus dan ikhlas semoga kita bisa meraih kesuksesan tahun 2013 lebih baik daripada tahun-tahun sebelumnya. Semangat Pagi….., Never Give Up…!!!

 

Oleh : Ir. Joni Riyanto