PEJUANG NASA, PEJUANG BANGSA

Setiap tanggal 17 Agustus dan 28 Oktober kita memperingati Hari  Ulang Tahun Kemerdekaan RI dan Hari Sumpah Pemuda. 

 Tanggal 10 November kita peringati sebagai Hari Pahlawan

dan tanggal 1 Oktober kita memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang bertepatan dengan Hari Ulang Tahun NASA.

 

 

Sebagai  generasi  penerus  bangsa,  sangat penting    kita    dapat    menimba    teladan hidup   dari   para   pahlawan   bangsa  dan mengimplentasikan  nilai-nilai  kepahlawanan tersebut. Ibarat mercusuar di tepi laut yang menjadi pedoman bagi semua nelayan, para pahlawan itu telah memberikan arah yang jelas bagi kehidupan kita berbangsa. Banyak inspirasi dan nilai-nilai yang dapat kita ambil dari nilai-nilai kepahlawanan.

 

Pertama, THE POWER OF DREAM.

Impian para pahlawan adalah kemerdekaan bangsa Indonesia. Ini adalah sebuah impian besar. Pahlawan adalah sebuah panggilan. Bila kita mengerjakan tugas-tugas dan pekerjaan kita bagaikan suatu panggilan, mengerjakannya dengan sepenuh hati dan cinta, maka kitapun akan menjadi pahlawan dalam lingkungan kita.

Setiap jaman sebenarnya menyediakan tantangan dan kesempatan bagi setiap orang untuk melakukan tindakan-tindakan besar, yaitu bila kita bekerja tidak hanya bagi dirinya sendiri, tetapi juga bagi kebaikan orang lain dan untuk kepentingan orang banyak.

 

Kedua, NEVER GIVE UP !!!

Bila kita memiliki cita-cita yang jelas, tantangan atau godaan apapun tidak akan menggoyahkan kita. Seperti dalam kisah Columbus, “Setelah sebulan berlayar mencari pulau, anak buah Columbus sudah putus asa. Mereka terus mendesak Columbus untuk kembali  ke  Spanyol.  Tetapi  setiap  kali  didesak, Columbus  menjawab,  “Ayo  kita  teruskan  sedikit lagi.” Sejarah kemudian membuktikan Columbus dianggap menemukan benua Amerika, sekalipun benua ini sebelumnya sudah ditemukan dan dihuni oleh orang-orang Indian. Yang jelas, inilah hasil sebuah cita-cita besar yang diikuti dengan semangat pantang menyerah.

Jadi jangan mudah menyerah. Bila kita terus berjalan menuju ke arah cita-cita, pada suatu saat kita akan sampai di tempat tujuan. Seringkali hal itu terjadi justru pada saat kita sudah ada di ujung putus asa.

 

Ketiga, KEBERANIAN.

Pahlawan bukanlah pengecut. Pahlawan tidak pernah putus asa. Mereka dengan sadar memilih jalan  sulit  dan  berbahaya  yang  jarang  dilalui.  “I took the one less traveled by. And that has made all the difference,” kata penyair Robert Frost. Mereka adalah para pemberani.

Cita-cita yang cemerlang sering kali gagal karena kita tidak memiliki keberanian untuk mewujudkannya. “Jika anda memiliki keinginan, laksanakanlah. Keberanian  memiliki  kejeniusan  sendiri.”  Jelasnya. kepandaian itu akan timbul bila kita memiliki keberanian. Keberhasilan hanya buat mereka yang berani. 

 

Keempat, SEMANGAT BERKORBAN.

Jer  Basuki  Mawa  Bea,  tidak  ada  yang  gratis  di bawah matahari. Apapun yang kita lakukan perlu pengorbanan. Bahkan kalau kita tidak melakukan apa-apa, kita juga telah mengorbankan sesuatu yaitu kesempatan. Hidup ini memang menuntut pengorbanan.

Pengorbanan adalah sebuah kata yang indah dan dinamis. Karena itu perkembangan pengetahuan dan  pengalaman  dengan  perubahan  waktu identik dengan pengorbanan yaitu berubah dan berkembang. Setiap tindakan pengorbanan adalah pelayanan.  Seiring   dengan   perubahan,   maka setiap zaman memiliki cara berkorban sendiri dan mempunyai kekhasan sendiri pula.

 

Bangga Sebagai Bangsa Indonesia

Kalau kita cermati dan hayati ketika kita berziarah ke taman makam pahlawan, di sana kita jumpai nama yang terukir indah, mungkin bisa jadi nama orang itu berasal dari daerah kita. Kita akan bangga membaca nama mereka. Para pahlawan yang gagah perkasa telah mengorbankan jiwa dan raganya demi tanah air, demi kita generasi penerus dan ini membuat kita bangga.

Dengan semangat Ulang Tahun NASA ke-16, kita harus memiliki andil dalam negara ini. Dengan bekal impian, semangat pantang memyerah, keberanian, dan kemauan untuk berkorban. Dari yang tadinya mengeluh, kini lebih fokus pada solusi. Dari yang mudah menyerah, kini harus menjadi pantang menyerah. Dari yang hanya berorientasi pada hasil, kini harus berorientasi juga pada proses itu sendiri. Dan dari yang sekedar menjadi penonton, kini harus menjadi pelaku perubahan.

Setiap insan NASA harus mempunyai pandangan yang jauh ke depan untuk memenangkan masa depan. Abad 21, suatu milenium baru yang penuh dengan peluang dan tantangan, kita bangun satu dunia baru yang berani, “A Brave New World”.