LIMA POKOK UP GRADE, DARI PRODUK HINGGA DIAMOND NETWORK

Ketika NASA Magz menanyakan perbaikan-perbaikan apa yang akan dilakukan ke depan, Direktur NASA memaparkan sambil mengeksplorasi isi laptopnya lebih jauh. Produk, Marketing Plan, Distribusi, Promosi, dan Support System adalah kategori-kategori yang masuk dalam perencanaan perbaikan ke depan.Dari sisi produk, “Kami akan melakukan upaya inovasi dan diversifikasi produk. Jadi produk-produk baru akan selalu kami munculkan untuk memenuhi permintaan pasar,” ujarnya.

Tentu produk-produk yang memenuhi syarat Kuantitas, Kualitas, dan Kontinuitas. Sambil menjelaskan pemaparannya, NASA Magz dibuat terkagum-kagum dengan simulasi di laptopnya tentang beberapa produk yang masih dalam perencanaan peluncuran untuk masa-masa mendatang. Dari sisi marketing, sistem akan lebih “memprioritaskan” level menengah dalam jaringan. Bukannya perusahaan mengabaikan level-level lainnya, tapi lebih dari itu strategi ini merupakan upaya perusahaan untuk mengupgrade level menengah agar lebih cepat melakukan akselerasi. Level atas sudah dianggap cukup kuat, level bawah masih labil, tapi level tengah dianggap sebagai distributor yang sudah terdidik, tapi harus segera melakukan akselerasi. “Analogi dalam perusahaan misalnya, level tengah ini sangat penting. Para manajer menjadi jembatan antara konsep dan teknis, jadi di tangan merekalah sebuah program bisa berjalan efektif atau tidak.”

Dari sisi distribusi, kantor-kantor pelayanan yang sekarang ini ada akan semakin diintensifkan. Stokis-stokis yang selama ini sudah ada dan layak akan diupgrade agar lebih maksimal dalam melayani pembelian distributor maupun konsumen langsung. Juga, kantor-kantor pelayanan baru akan didirikan lagi di seluruh Indonesia beserta stockist-stockist center. Promosi juga menjadi sebuah strategi yang akan dilakukan lebih taktis. “Baik promosi above the line, maupun below the line akan kami lakukan dengan intensif,” Hana menjabarkan. Promosi above the line menyangkut promosi lewat media, terutama media cetak diharapkan mampu meningkatkan penjualan distributor. Baik lewat media cetak yang milik NASA maupun media cetak lainnya.Promosi below the line dilakukan dengan cara membuat dan mengembangkan showroom agrokompleks sebagai demplot percontohan untuk masyarakat. Meski showroom ini sudah banyak, namun tetap akan dikembangkan lebih maju terus.Bahkan “Showroom” ini tidak saja dalam skala kecil berupa demplot-demplot percontohan yang dimiliki distributor-distributor di seluruh Indonesia, tapi juga proyek-proyek agrokompleks yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar dengan menggunakan produk-produk NASA. Asal tahu saja, produk-produk NASA sudah dipakai oleh banyak perusahaan-perusahaan besar, baik untuk memperbaiki kualitas lahan yang sudah tercemar bahan tambang, maupun untuk meningkatkan produksi komoditas agro mereka.

Support System (Diamond Network) juga akan menjadi perhatian perusahaan tersendiri. Diamond Network ini diharapkan bisa melahirkan distributor-distributor handal yang bisa menjalankan bisnis NASA. “Jadi sekarang ini kita lebih mengutamakan kualitas distributor, kita berpikir bagaimana distributor benar-benar mampu menjalankan bisnis secara lebih efektif, tidak hanya sekedar bergabung. Nah, Diamond Network inilah salah satunya yang diharapkan mampu mendukung mereka secara lebih maksimal.”Diamond network diharapkan mampu mengembangkan distributor menjadi sosok-sosok marketing yang tahu tentang produk NASA, mengerti Product Knowledge secara lebih menyeluruh, tahu bagaimana menjalankan bisnis yang baik, bisa konsisten dan juga bisa bekerja dengan cerdas. Karena itu, peran strategis Diamond Network dalam hal ini menjadi sangat signifikan artinya. (vie)5 Pokok Upgrade: Dari Produk

 

Penulis: Ir. Hana Indra Kusuma, MP (Direktur PT. Natural Nusantara)