// //

Beras Merah,, Sumber Prebiotik Potensial

Kita sering mendengar istilah Prebiotik dan Probiotik. Apa sebenarnya prebiotik itu? Dan apa manfaatnya untuk kesehatan kita? Prebiotik adalah komponen pangan yang tidak dapat dicerna oleh enzim - enzim pencernaan, sehingga mempunyai pengaruh baik terhadap manusia. Prebiotik akan memicu pertumbuhan bakteri usus yang bermanfaat bagi tubuh. Sedangkan probiotik adalah bakteri yang terdapat pada usus manusia sejak lahir, dan merupakan “bakteri baik” yang berperan penting dalam kesehatan pencernaan. 


Disamping mengkonsumsi makanan sumber probiotik, kita juga perlu mengkonsumsi makanan prebiotik, yang menjadi nutrisi bagi “bakteri baik”. Sumber prebiotik pada umumnya adalah karbohidrat yang tidak dicerna dan tidak diserap, biasanya dalam bentuk serat pangan. Secara alami senyawa prebiotik terdapat dalam makanan yang banyak mengandung serat seperti biji-bijian; sayuran berdaun hijau; serta buah-buahan; bawang bombai dan bawang putih; dan beras merah. 


Konsumsi prebiotik menjadi sangat menguntungkan karena dapat meminimalisir penyakit yang timbul di pencernaan, menstabilkan pertumbuhan mikroba di dalam saluran usus, bermanfaat untuk kekebalan, membantu mengkontrol asupan kolesterol,  melindungi usus dari peradangan, anti kanker, mencegah obesitas, mencegah timbulnya penyakit degeneratif seperti diabetes mellitus dan penyakit pembuluh darah koroner.


Berapa banyak serat dalam sehari? Jumlah yang disarankan 25-35 gram sehari, banyak makan serat berarti harus menambahkan konsumsi air putih sebanyak 2 gelas. Bila Anda terbiasa minum 8 gelas air sehari, maka setelah cukup banyak konsumsi serat, maka minimal konsumsi air putih Anda kini harus 10 gelas sehari.


Serbuk Beras Merah Natural secara alami memiliki kandungan serat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Selain itu secara alami serat dalam Serbuk Beras Merah Natural juga dapat berperan sebagai prebiotik yag sangat bermanfaat untuk kesehatan pencernaan.