// //

Tour de Ja-Bar

Pada perjalanan  Team NASA  kali ini, Tour  de Ja-Bar  diwakili oleh Bp. Ir. Agus Budi Setyono dan Bp. Ir. Syahriar Reza yang berlangsung sejak tanggal 29 Maret – 2 April dengan agenda  silaturahmi dengan stokist dan leader setempat.  Adapun  tujuan yang menjadi target operasional kali ini adalah Ciamis, Tasik, Garut, Soreang-Banjaran  , dan KP Bandung.

Mensupervisi uji coba aplikasi produk NASA di salah satu perkebunan Teh di Garut , Panen Kentang di Ciarile-Cikajang – Garut ( yang hasilnya sangat luar biasa) , Training Produk yang sukses di ikuti lebih dari 50 peserta dari KTNA berbagai wilayah sekitar, serta temu kangen dan diskusi dengan  leader handal  yang khusus menyempatkan turun gunung Pangalengan yakni Bapak Ayi Dasep meskipun hujan lebat  disertai petir.

Untuk informasi mengenai Panen Kentang tersebut  yakni Bapak Jaji dan Bapak Saifuddin yang menanam  kentang dengan Varietas Granola dengan Luasan 22 patok / (1 ha kurang 3 patok) atau  8.800 meter persegi  menggunakan tambahan produk-produk  NASA antara lain POC NASA= 30 botol, HORMONIK=35 botol, GLIO =, SUPERNASA GRANULE=50 Kg, POWER NUTRITION=20 Botol,  serta AERO dan PESTONA masing masing 20 botol. Hasil luar biasa dan cukup mencengangkan ketika team NASA mencabut beberapa sampel tanaman yang akan dipanen mendapatkan rata- rata hasil 2 – 2,2 kg per tanaman. Sesuai dengan hasil yang didapat yakni dengan tambahan saprotan dari produk NASA bisa menghasilkan 30 Ton kentang ! Dengan perkiraan harga ditempat per kg  Rp 4000, maka dengan modal total 70 Juta dalam waktu 100 hari menjadi 120 juta! (untung 50 juta) ! Dengan segenap informasi positif lainnya antara lain kualitas umbi yang lebih bagus mulus dan tidak terserang hama penyakit. Sedangkan kentang  yang ditanam tanpa penggunaan produk NASA (dengan modal yang sama karena harus membeli  pestisida kimia) tanpa tambahan produk NASA hanya menghasilkan  18-20 Ton yang keuntungannya  sekitar 10 juta saja.

Demikian juga saat Supervisi di kebun teh menunjukkan perbedaan yang cukup signifikan dari hasil panen, pertumbuhan pucuk yang sangat banyak dan segar  serta kecepatan panen yang dirasakan oleh para pemetik karena lebih terasa ringan saat memetik pucuk teh. Semoga dengan bukti-bukti di lapangan tersebut akan mampu menggerakkan motivasi  kita semua bahwa bersama NASA mari kita songsong kehidupan  yang lebih sehat dan kesejahteraan bersama .