MENCEGAH PENYAKIT KOTORAN PUTIH PADA UDANG VANAMAE

Penyakit udang yang ditandai dengan munculnya kotoran putih yang biasanya mengambang di  permukaan air ini pada umumnya diawali dengan menurunnya kualitas lingkungan  budidaya.  Maka  disinilah dibutuhkan peran produk NASA di bidang perikanan yaitu paket lengkap TON, TANGGUH  PROBIOTIK,  POC  NASA dan VITERNA.

 

TON dan TAPRO Sebagai Pengendali Kualitas Lingkungan

Produk NASA yang berfungsi untuk pengelolaan lingkungan sehingga bisa mencegah terjadinya berbagai penyakit akibat lingkungan tambak yang tidak baik adalah TANGGUH PROBIOTIK (TAPRO) dan Pupuk TAMBAK ORGANIK NUSANTARA (TON).

Selama budidaya berlangsung akan terjadi masuknya berbagai bahan organik ke dalam tambak yang berasal dari pakan yang tidak termakan, kotoran  udang,  udang  yang  mati  dan  plankton yang mati. Limbah organik tersebut dalam proses biologisnya akan menghasilkan senyawa yaitu NH3 (amoniak) maupun Hidrogen Sulfida (H2S) yang kedua senyawa tersebut bersifat racun untuk udang. Kandungan kedua senyawa tersebut yang tinggi merupakan salah satu pemicu munculnya penyakit WFD tersebut.

TAPRO merupakan produk Probiotik yang berisi berbagai jenis bakteri yang menguntungkan yaitu jenis Lactobacillus sp (2,5 xx 107 cfu/ml), Azotobacter sp  (1,31  x  106  cfu/ml),  Streptomyces  sp  (2,42 x 106 cfu/ml), Saccharomyces sp (8,2 x 107 cfu/ml), Aspergillus sp (1,90 x 105 cfu/ml) dan Tricoderma sp (2,80 x 105 cfu/ml). Berbagai jenis bakteri menguntungkan tersebut bisa mencegah tingginya konsentrasi senyawa Amoniak dan Hidrogen sulfida.

Sedangkan Produk TON mengandung berbagai unsur mineral penting dalam bentuk ionik dan asam-asam organik yang dapat menjadi sumber nutrisi bagi pakan alami udang yaitu plankton sehingga ketersediaan pakan alami terjaga selama proses  budidaya.  Tingginya   populasi   plankton juga akan menjaga kandungan oksigen terlarut di air tambak, sehingga mencegah munculnya kedua senyawa beracun tadi.

Selain kandungan unsur-unsur mineral penting, kandungan lain yang lebih besar gunanya adalah asam-asam organik berupa asam Humat dan Asam Vulvat. Kedua asam organik ini berperan dalam menetralkan senyawa beracun yang terbentuk, mengikat logam berat dan bahan pencemar lain yang masuk ke tambak budidaya.

 

VITERNA & POC NASA Sebagai Penjaga Nutrisi

Selain  kedua  produk  tadi,  produk  yang  penting lagi untuk budidaya udang Vaname adalah produk Suplemen Pakan yaitu VITERNA dan POC NASA yang digunakan dengan cara dicampur pakan pelet udang. Penambahan dalam pakan kedua produk tersebut akan meningkatkan nutrisi bagi udang dan meningkatkan efisiensi pencernaan pakan sehingga udang akan mendapatkan nutrisi yang tinggi. Hal ini berperan dalam peningkatan daya tahan tubuh udang sehingga juga akan mengurangi dampak serangan penyakit.

Penggunaan paket komplit Produk NASA tersebut telah terbukti mampu meningkatkan hasil produksi udang vaname di berbagai daerah.