MENSIASATI PRODUK INDEN

Fenomena  inden   barang   di   NASA   tidak jarang  terjadi.  Bagi  stokis  yang  memiliki modal terbatas,  kelangkaan  barang  cukup berdampak signifikan terhadap perputaran modal. Dana puluhan hingga ratusan juta bisa mengendap dan tidak bisa diputar karena barang inden. Sementara biaya operasional stokis tetap harus dikeluarkan  seperti:  biaya  listrik,  wifi,  alat  tulis, dan gaji para admin. Kami pernah mengalami hal tersebut. Solusi yang kami pilih adalah : Banting setir dan beralih ke produk Agrokompleks.

 

Kami memulai dari keluarga, tetangga, sahabat dan mitra yang memiliki lahan pertanian atau ternak. Alhamdulillah, setelah menggunakan pupuk NASA jumlah panen mereka meningkat secara signifikan. Dari sinilah akhirnya kami kemudian semakin melek bahwa potensi Agrokompleks itu berlian. Mayoritas penduduk Indonesia masih bekerja di sektor agraris, inilah mengapa peluang untuk bermain di sektor ini masih sangat besar.

 

Berjaya di Tangan Kaum Hawa

Sektor Agrokompleks sejauh ini seakan hanya dikuasai oleh kaum adam. Padahal mayoritas distributor NASA khususnya di jaringan Under T.1271 Subang adalah kaum hawa, lebih spesifiknya ibu- ibu yang memiliki keterbatasan dalam banyak hal. Dengan memanfaatkan alat bantu seperti: Google, Youtube, Video-video Budidaya, Leaflet Agro dan sample  produk,  para  Ibu  ini menggandeng  para suami untuk memasarkan Pupuk Nasa secara door to door, dari perorangan hingga kelompok tani di daerah masing-masing.

 

Awalnya penolakan demi penolakan kami terima, apalagi mungkin saat menyampaikan soal agro sangat terlihat sekali kami gagap. Bahkan kalau dibandingkan penguasaan dan pemahaman keilmuan soal agrokompleks tentu lebih pintar para petani, meskipun mungkin secara akademis mereka tidak mengenyam pendidikan tinggi. Maka yang kemudian kami lakukan adalah memilih menjadi pendengar setia dan mengikuti kearifan lokal. Kebiasaan petani di daerah, kami ikuti saja. Yang penting mereka mau saja dulu pakai pupuk NASA. Jika sudah mau pakai dan kemudian hasil panennya melimpah setelah panen, tentu tanpa obral kata- kata pun para petani akan datang sendiri mencari pupuk NASA.

 

Kini kelangkaan Produk Kesehatan dan Kecantikan justru menjadi momentum bagi kami untuk melirik dan  menggarap  sektor  Agrokompleks.  Mencari dan menemukan bongkahan berlian di sektor Agrokompleks ternyata membuat team kami ketagihan. Konon rasanya beda ketika closing produk kesehatan/kecantikan dengan produk agrokompleks. Ditambah ketika para petani, petambak, pekebun dan peternak dengan mata berbinar dan wajah sumingrah bercerita hasil panen yang melimpah setelah menggunakan Pupuk Nasa.

 

Di   daerah   kami,   jika   petani   hasil   panennya melimpah maka para pedagang ikut laris, para guru honorer mendapatkan honor, anak-anak semakin percaya diri saat biaya sekolahnya terlunasi, dan lain  sebagainya.  Tidak  hanya  kesuksesan  materi, nilai manfaat untuk masyarakat luas juga menjadi kebahagiaan tersendiri yang tidak bisa terukur secara materi. Jadi, apakah anda masih memandang sebelah mata sektor Agrokompleks?