// //

Nikmatnya buah aren,si kolang kaling, di bulan Ramadhan

       Kolang kaling memang nikmat saat dinikmati di kala berbuka puasa, rasa segar yang menggoda dipadu dengan minuman dingin atau panas membuat dahaga kita setelah berpuasa sehari penuh, lunas. Namun dibalik itu budidaya buah aren itu pun masih perlu mendapat perhatian. Sama dengan tanaman perkebunan lainnya, bahwa kolang kaling ini akan dihasilkan dari pemupukan yang berimbang. Yaitu dengan menggunakan pupuk makro, seperti NPK , sebagai nasi nya, sedang tambahan pupuk/nutrisi pada tanaman belum menghasilkan ( dibawah 3 tahun ) yaitu SUPERNASA, dalam 1 Ha memerlukan 6  Kg/SUPERNASA  BIASA, atau 50 Kg/SUPERNASA GRANUL, diberikan setahun 3 kali.


     Pada umur 3 tahun ke atas, tanaman aren mulai belajar berbuah dan berbuah maka, perlu memberikan nutrisi/pupuk dengan POWER NUTRISI, dalam 1 Ha memerlukan 6 Kg, dan dalam 1 tahun diberikan 3 kali.

    Untuk luasan yang kecil maka per tanaman akan mendapatkan sekitar 3 – 4 sendok makan SUPERNASA / POWER NUTRISI.


    Pada tanaman aren yang diambil nira/air aren untuk dijadikan gula, maka pemberian pupuk nasa cukup menggunakan SUPERNASA dan pupuk makro yang biasa digunakan, dengan dosis yang sama, seperti diatas. Dalam beberapa kesaksian dalam pembuatan gula aren menyebutkan proses pembuatannya lebih cepat karena kandungan gulanya ( rendemen ) lebih tinggi dan rasanya yang lebih manis.

     Nah, tunggu apa lagi, benahi kebun aren kita, dari sekarang, baik yang diambil buahnya ( kolang kaling ) atau diambil air niranya  sebagai gula aren. Untuk mendapatkan buah kolang kaling enak, berbuah banyak dan berasa, SUPERNASA dan POWER NUTRISI, dari PT NATURAL NUSANTARA, paduan teknologi untuk benahi kebun aren. SALAM KOLANG KALING.